RANCANGAN AKSI NYATA 1.4 BUDAYA POSITIF
SD NEGERI 2 KERTOSARI
FITRIYANI,S.Pd
PP: KESI Meirawati,S.Pd
Fasilitator: Dra. Wiwi Parluki, M.Pd.
Pendidikan adalah sebagai usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran untuk peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Dengan demikian, seluruh sekolah seharusnya melakukan proses pembelajaran yang menuntun garis-garis kodrat pribadinya serta pengaruh-pengaruh lingkungan, mendapat kemajuan hidup lahir batin
Sekolah merupakan wadah untuk pembentuk karakter dengan menerapkan budaya positif sekolah Guru diharapkan memiliki nilai-nilai positif yang dibutuhkan untuk membentuk karakter pelajar Pancasila dengan memberi contoh dan melakukan pembiasaan yang konsisten di sekolah. Pengembangan budaya positif dapat menumbuhkan motivasi instrinsik dalam diri anak untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab dan berbudi pekerti luhur serta akhlak mulia.
B. RUMUSAN MASALAH
v Pentingnya menerapkan budaya positif
v Mengenal tentang karakter anak didik
C. TOLAK UKUR
D. TUJUAN
Tujuan membangun budaya positif di sekolah adalah untuk menumbuhkan karakter anak.
Misalnya : program ekstrakurikuler tapis dengan tujuan untuk melestarikan budaya daerah menumbuhkan dan membiasakan anak menjadi mandiri, disiplin dan bertanggung jawab.
E. DUKUNGAN YANG DIBUTUHKAN
a. Dukungan kepala sekolah
b. Rekan sejawat
c. Orangtua siswa
d. siswa
F. LINIMASA
a. Terbentuknya komunitas praktisi sekolah
b. Terbentuk jadwal kegiatan kegiatan tapis
c. Melaksanakan kegiatan tapis
d. Melakukan pengimbasan kepada rekan guru SD Negeri 2 kertosari
G. HASIL KEGIATAN
Kegiatan ini nantinya menjadi contoh untuk sekolah lain, untuk
pengembangan bakat dan minat sekolah salah satunya dapat melestarikan budaya daerah lampung dengan melibatkan pendidik, dan anak didik.
Comments
Post a Comment