3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - Pemimpin dalam Pengelolaan Sumber Daya

 


3.2.a.7. Demonstrasi Kontekstual - 

Pemetaan tujuh kelompok aset – sumber daya yang dimiliki oleh sekolah 

SD Negeri 2 Kertosari- Lampung Selatan


1. MODAL MANUSIA

Guru

➢(guru muda, bisa IT, sertifikasi, Kualisifikasi Pendidikan)

Siswa

➢(memiliki Gawai dan dapat memanfaatkannya, bisa CALISTUNG)

Kepala Sekolah

➢(kualifikasi Pendidikan, memiliki Cakep, pengalaman sebagai guru, pandai beradaptasi, bijaksana, berprestasi)

Orang tua/wali murid

➢(mau diajak bekerjasama, mendukung program sekolah)

Pengawas Sekolah

➢(kualifikasi Pendidikan, memiliki Cawas, pengalaman sebagai guru dan kepala sekolah)

Masyarakat

➢(mendukung program sekolah)

2. MODAL SOSIAL 

➢ MOU Kerjasama dengan Puskesmas.

➢ Jumat Amal Melakukan kegiatan amal dan berbagi.

➢ Dompet Dhuafa melakukan kegiatan santunan anak yatim piatu, jompo, dan sunat massal

ICT Based learning

➢ Pelatihan pembuatan model Pembelajaran 2D

➢ Pelatihan pembuatan soal mengunakan akun balajar id

Praktisi TAPE KETAN (Tapis Pelajar Kreativ Anak Tangguh)

➢ Pelatihan pembuatan kain sulam tapis

Praktisi seni daerah Lampung

➢ Pelatihan dan pemahaman musik,tari dan sastra lampung




3. MODAL FISIK

➢Kantor Guru

➢Ruang Kelas

➢Musholla

➢Gedung Kesenian

➢Perpustakaan

➢Kantin

➢Gazebo

➢Tempat Parkir

➢UKS

➢ WC Guru dan siswa

➢Koperasi

➢Jaringan internet yang mudah dijangkau

➢Infrastruktur yang mendukung


4. MODAL LINGKUNGAN/ ALAM 

➢ Lingkungan sekolah terletak di Kawasan Perindustrian

➢ Perkebunan Karet

➢ Pertanian

➢ Peternakan Ayam

➢ Pasar Tradisional


5. MODAL FINANSIAL

Koperasi sekolah
Dana BOS
Kantin
Binaan YPA MDR( Yayasan Pendidikan Astra Micheal De Ruslim)


6. MODAL POLITIK

Tim Penyuluh DAMKAR

➢ Memberikan penyuluhan dan pelatihan mengatasi

kebakaran secara sederhana.

Tim Polisi Daerah

Memperkenalkan Profil polisi dan Tanggung jawab sebagai anggota polisi

Tenaga medis dari Puskesmas

➢ Melakukan pemeriksaan Kesehatan rutin bagi siswa.

7. MODAL AGAMA DAN BUDAYA

Ada Guru Agama di setiap jenjang ( Hindu, Islam, Kristen)
Kegiatan keagamaan
Budaya 5S
Musik tradisional dan seni tari daerah Lampung
Ekstrakurikuler dan muatan lokal Aksara lampung

      



Tulisan Reflektif Terhadap Hasil Analisis Aset/ Sumber Daya yang Dimiliki Sekolah



Apa yang kami kuasai?

Yang dapat kami kuasai yaitu mengenali berbagai asset atau sumber daya yang ada dan tersedia di sekitar sekolah kami. Pemetaan aset ini bertujuan untuk mengetahui kekuatan yang dimiliki oleh sekolah yang nantinya akan dapat digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan juga melaksanakan pembelajaran yang berpihak pada murid.

Apa yang paling kami banggakan dari sekolah ini? Dari murid-murid kami?

Yang kami banggakan dari SD Negeri 2 Kertosari adalah sekolah kami memiliki rasa kebersamaan yang tinggi terhadap guru dan memiliki rasa solidaritas tinggi terhadap murid. SD Negeri 2 Kertosari juga telah memiliki fasilitas yang mendukung seperti tersedianya berbagai jaringan intenet. Apalagi ditunjang dengan kami menjadi sekolah binaan dari YPA MDR(Yayasan Pendidikan Astra Micheal De Ruslim) banyak hal yang bisa dibanggakan dari sekolah kami misalnya sekolah kami merupakan sekolah unggul di bidang akademik ini terbukti dengan berbagai perlombaan cerdas cermat kami selalu menjadi juara dan diboyong ketingkat provinsi, sekolah kami juga sudah terakreditasi A dan berstatus ISO setiap tahunnya. Guru-guru SD Negeri 2 Kertosari juga selalu mengikuti berbagai perlombaan seperti membuat media ajar yang inovatif dan murid-murid juga mengikuti berbagai kegiatan seperti menyulam kain tapis, melestarikan seni tari daerah lampung, musik lampung dan juga sastra lampung, drumband, pramuka, dan dokcil.

Apa yang membuat kami unik?

Yang unik dari SD Negeri 2 Kertosari adalah, sekolah kami merupakan sekolah satu-satu nya di wilayah Desa Tanjung Sari yang gedungnya bertingkat dan ini merupakan gedung pemberian dari YPA MDR. SD Negeri 2 Kertosari setiap tahunnya memberi santunan untuk anak yatim piatu, dan juga lansia. Santunan yang diberikan merupakan infaq sekolah setiap hari jum'at dari siswa siswi SD Negeri 2 Kertosari.

Kekuatan apa yang kami miliki dan berharga untuk masyarakat/komunitas sekitar?

SD Negeri 2 Kertosari mampu menjalin hubungan baik dengan warga sekitar, aparat dan juga komunitas luar sekolah demi mewujudkan tujuan untuk memajukan kualitas Pendidikan yang berdampak baik bagi masyarakat sekitar.  

Apa yang telah sekolah lakukan dan miliki yang lebih baik dari orang lain?

SD Negeri 2 Kertosari terus mengembangkan berbagai aset yang telah dimiliki dan melengkapi apa saja yang menjadi kekurangan untuk menjadi yang lebih baik lagi.


Foto Kegiatan SD Negeri 2 Kertosari dapat diakses di media sosial berikut:


Salam dan Bahagia
CGP. FITRIYANI angkatan 3 
LAMPUNG SELATAN








Comments

  1. Baik bu Fitri, memang tagihan di DK ini berupa deskripsi mak500 kata.... silakan berproses

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya sudah sesuai kok ya , bagus,.. bu Fitri emang CGP hebat...

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

3.3.a. 10. 1 Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

Portofolio Paket Model 2 Calon Guru Penggerak